'/> Janji Allah Ta'ala Bagi Penghafal Al-Qur'an

Info Populer 2022

Janji Allah Ta'ala Bagi Penghafal Al-Qur'an

Janji Allah Ta'ala Bagi Penghafal Al-Qur'an
Janji Allah Ta'ala Bagi Penghafal Al-Qur'an
Sungguh mulianya hati para penghafal al-qur'an. Mereka para hafidz senantiasa menebarkan bacin nirwana bagi orang-orang disekitarnya. Sebab menghafal al-qur'an merupakan tanda orang yang didiberi anugerah oleh Allah berupa ilmu, sesuai dengan firman Allah : "Sesungguhnya, Al-Qur'an itu ialah ayat-ayat yang faktual didalam dada orang-orang yang didiberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat kami kecuali orang-orang yang zalim." (Q.S. Al-Ankabut : 49).



Sungguh beruntung bagi para penghafal al-qur'an sudah dijanjikan oleh Allah berupa ganjaran pahala kebaikan serta kedudukannya di akherat. Berikut Janji Allah Ta'ala Bagi Penghafal Al-Qur'an :

1. Allah akan memdiberikan mahkota kehormatan baginya di akherat kelak, sesuai sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, Dari Abu Hurairah r.a, ia berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda "Orang yang hafal al-qur'an kelak akan tiba dan Al-qur'an akan berkata : "Wahai Tuhan, pakaikanlah ia dengan pakaian yang baik lagi baru. "Maka orang tersebut didiberi mahkota kehormatan. Al-qur'an berkata lagi : "Wahai Tuhan menambahkanlah pakaiannya." Kemudian orang tersebut didiberi pakaian kehormatannya. Al-qur'an berkata lagi : "Wahai Tuhan, ridhailah dia." Maka kepadanya dikatakan, "Baca dan naiklah." dan untuk setiap ayat, ia didiberi pemanis satu kebajikan." (HR At Tirmidzi).

2. Akan dikumpulkan bersama malaikat yang mulia lagi taat. "Dan perumpamaan orang yang membaca Al-qur'an sedangkan ia hafal ayat-ayat-Nya bersama para malaikat yang mulia dan taat." (Muttafaqun 'alaih).

3. Kedua orang renta penghafal qur'an itu mendapat kemuliaan, alasannya ialah sudah mengarah anaknya untuk membaca dan menghafal al-qur'an semenjak kecil. Dari Buraidah, Rasulullah Saw bersabda, "Siapa yang membaca al-qur'an, mempelajarinya, dan mengamalkannya, maka ia akan dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya menyerupai cahaya matahari dan kedua orang tuanya dipakaikan jubah kemuliaan yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya (orang tua) bertanya, "Mengapa kami dipakaikan jubah ini?" dijawaban, "Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari al-qur'an." (HR Abu Daud).

4. Akan mendapat syafaat (pertolongan) pada hari kiamat. Dari Abi Umamah r.a, ia berkata "Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata, "Bacalah Al-Qur'an, sebetulnya ia akan menjadi pemdiberi syafaat (pertolongan) pada hari simpulan zaman bagi para pembacanya (penghafalnya)." (HR Muslim).

5. Akan ditinggikan derajatnya di surga. Dari Abdillah bin Amri bin 'Ash dari Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, Beliau bersabda, "Akan dikatakan pada shahib qur'an, "Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau mentartilkan Al-Qur'an di dunia, Sesungguhnya kedudukanmu diakhir ayat yang kamu baca." (HR Abu Daud dan At Tirmidzi).

Advertisement

Iklan Sidebar