'/> Pengertian Ikhtiar Dan Tawakal Beserta Hikmahnya

Info Populer 2022

Pengertian Ikhtiar Dan Tawakal Beserta Hikmahnya

Pengertian Ikhtiar Dan Tawakal Beserta Hikmahnya
Pengertian Ikhtiar Dan Tawakal Beserta Hikmahnya
Apa Itu Ikhtiar? 
Kata ikhtiar diambil dari bahasa Arab, yakni 'ikhtaara' yang artinya memilih. Sementara dalam bentuk kata kerja, ikhtiar berarti pilihan atau menentukan hal yang baik (khair).

Sedangkan berdasarkan istilah, ikhtiar yaitu perjuangan insan untuk memenuhi kebutuhan dalam hidupnya, baik material, spiritual, kesehatan, dan masa depannya dalam perjuangan mendapat yang terbaik, biar tujuan hidupnya selamat sejahtera di dunia dan di akhirat.


 ikhtiar berarti pilihan atau menentukan hal yang baik  Pengertian Ikhtiar dan Tawakal beserta Hikmahnya
Ikhtiar


Ikhtiar bukan hanya usaha, atau semata-mata upaya untuk merampungkan duduk kasus yang tengah membelit. Ikhtiar yaitu konsep Islam dalam cara berpikir dan mengatasi permasalahan. Dalam ikhtiar terkandung pesan taqwa, yakni bagaimana kita merampungkan kasus dengan mempertidak seimbangkan apa yang baik berdasarkan Islam, dan kemudian menjadikannya sebagai pilihan apapun konsekuensinya, dan meskipun tidak terkenal atau terasa berat.

Ikhtiar berarti tidak mengenal putus asa, dan yakni bahwa rahmat Allah pasti tiba sesudah diberikhtiar. Allah memerintahkan hamba-Nya untuk diberikhtiar, dan melarang hamba-Nya untuk berputus asa. Sebagaimana perintah Nabi Ya'kub a.s. kepada Anak-anaknya untuk terus diberikhtiar dalam mencari diberita wacana Nabi Yusuf a.s. dan adiknya Bunyamin. Hal tersebut diawetkan Allah swt. dalam Al-Qur'an yang artinya: 
"Hai anak-anakku, pergilah kamu, carilah diberita wacana Yusuf dan saudaranya, dan jangan kau berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya, tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir." (Q.S. Yusuf:87) 
Dan Allah juga berfirman yang artinya: 
"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka." (Q.S. Ar-Ra'd:11)
Ayat diatas menjelaskan bahwa insan sebagai hamba Allah diperintahkan untuk berusaha, bukan untuk berleha-leha. Sebab, rahmat Allah turun kepada kita melalui alasannya yaitu atau perjuangan yang kita lakukan. Artinya, kita jangan pernah berputus asa dalam mencari rahmat dan ridha Allah swt.

Setelah diberikhtiar dengan segala kemampuan kita, seharusnya kita menyerahkan segala perjuangan kita kepada Allah swt. atau yang dinamakan dengan tawakal.

Apa Itu Tawakal? 
Tawakal diambil dari bahasa Arab, yakni 'Tawakul' yang artinya bersandar atau berserah diri. Tawakal diambil dari kata 'wakala' yang artinya mewakilkan, maka tawakal berarti memdiberikan perwakilan, kepasrahan, dan penyerahan diri kepada Allah swt.

Secara istilah, tawakal artinya berserah diri dan berpegang teguh kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Tawakal merupakan sikap bersandar dan mempercayakan diri sepenuhnya kepada Allah swt.


 ikhtiar berarti pilihan atau menentukan hal yang baik  Pengertian Ikhtiar dan Tawakal beserta Hikmahnya
Tawakal kepada Allah

Tawakal mempunyai dua unsur pokok, yaitu berserah diri dan berpegang teguh. Kedua-duanya merupakan kesatuan yang tidak sanggup dipisahkan. Artinya, tidak sanggup dikatakan tawakal kalau belum berserah diri secara ikhlas. Tidak sanggup pula dikatakan tawakal, kalau belum berpegang teguh kepada-Nya, belum kokoh keyakinannya kepada kekuasaan-Nya yang tidak terbatas, keadilan-Nya, kudang keringjaksanaan-Nya, menyayangi-Nya dalam mengatur segala sesuatu dengan sempurna.

Allah memerintahkan kita untuk senantiasa bertawakal kepada-Nya, sebagaimana firman Allah yang artinya: 
"Dan bertawakallah kepada Allah yang hidup (kekal) yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya. Dan cukuplak Dia Maha mengetahui dosa-dosa hamba-hama-Nya." (Q.S, Al-Furqan:58)
Tawakal, dalam artian berserah diri kepada Allah, berarti kita membatasi tawakal semata-mata hanya kepada Allah swt, dan berkeyakinan berpengaruh bahwa Allah swt, Maha Mampu mewujudkan tiruana seruan dan kebutuhan hamba-hamba-Nya sesuai kehendak-Nya.

Hikmah dari Ikhtiar 
1. Selalu optimis dan tidak pernah berputus asa, lantaran selalu yakin bahwa suatu ketika ia pasti meraih hasil dari perjuangan dan kerja kerasnya.
2. Tidak mencicipi lelah dan payah dalam berusaha, lantaran ia yakin bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan hamba-Nya yang mau berusaha dan diberikhtiar.
3. Tidak pernah merasa khawatir terhadap segala macam kegagalan, lantaran ia memahami dengan baik bahwa setiap perjuangan memang beresiko gagal. Namun, hal tersebut diambil sebagai hikmah bahwa di balik kegagalan pasti ada kesuksesan.

Hikmah dari Tawakal
1. Dicukupkan rezekinya oleh Allah swt. dan mencicipi ketenangan. Sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah swt. yang artinya: 
"Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, pasti Allah akan mencukupkan keperluannya." (Q.S. At-Thalaq:3)
2. Dikuatkan imannya, dijauhkan dari setan. Sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah swt. yang artinya: 
"Sesungguhnya setan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang diberiman dan bertawakal kepada Tuhannya." (Q.S. An-Nahl:99) 
Demikianlah postingan mengenai Pengertian Ikhtiar dan Tawakal beserta Hikmahnya,
Semoga berkhasiat, dan gampang-gampangan sanggup diambil hikmah dan manfaat dibalik sifat dan sikap Ikhtiar dan Tawakal dalam kehidupan sehari-hari.

Wallahu a'lam bisshawwab,
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Advertisement

Iklan Sidebar