'/> Apa Perbedaan Kitab (Mushaf) Dengan Shuhuf?

Info Populer 2022

Apa Perbedaan Kitab (Mushaf) Dengan Shuhuf?

Apa Perbedaan Kitab (Mushaf) Dengan Shuhuf?
Apa Perbedaan Kitab (Mushaf) Dengan Shuhuf?
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Kita sebagai umat islam tentunya wajib diberiman kepada kitab-kitab Allah swt., yakni Taurat, Zabur, Injil, dan Al-Qur'an. Selain kitab-kitab tersebut, Allah juga menurunkan Shuhuf atau Shahifah yang diturunkan kepada beberapa nabi dan rasul. Namun, tahukah kau apa perbedaan antara Kitab (mushaf) dengan Shuhuf? Mari kita simak uraian diberikut.

Pengertian Kitab (Mushaf)
KITAB atau mushaf secara bahasa berarti wahyu Allah swt. yang dibukukan. Sedangkan berdasarkan istilah KITAB sanggup diartikan sebagai wahyu Allah swt. yang diturunkan kepada nabi dan rasul-Nya yang terdapat dalam lembaran-lembaran yang dibukukan. Kitab merupakan wahyu Allah swt. yang diturunkan dan wajib disampaikan kepada orang lain. 

Kita sebagai umat islam tentunya wajib diberiman kepada kitab Apa Perbedaan Kitab (Mushaf) dengan Shuhuf?

Beriman kepada kitab-kitab Allah merupakan rukun iktikad yang ketiga, sehingga kita sebagai umat islam wajib percaya dan yakin akan kebenaran yang terkandung dalam kitab-kitab Allah.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ آمِنُواْ بِاللّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَى رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِيَ أَنزَلَ مِن قَبْلُ وَمَن يَكْفُرْ بِاللّهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلاَلاً بَعِيداً

Artinya : "Wahai orang-orang yang diberiman, tetaplah diberiman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya, Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka orang itu telah sesat sejauh-jauhnya." (Q.S. An-Nisa:136)

Pengertian Shuhuf
Shuhuf ialah bentuk jamak dari Shahifah, yang secara bahasa berarti lembaran-lembaran. Sedangkan berdasarkan istilah Shuhuf ialah wahyu Allah swt. yang diturunkan kepada nabi dan rasul-Nya berupa lembaran-lembaran yang belum dibukukan (masih terpisah-pisah). Shuhuf atau lembaran-lembaran merupakan wahyu Allah swt. yang diturunkan kepada nabi dan rasul-Nya tetapi tidak wajib disampaikan kepada orang lain.

Kita sebagai umat islam tentunya wajib diberiman kepada kitab Apa Perbedaan Kitab (Mushaf) dengan Shuhuf?

Berikut diantaranya ialah beberapa nabi dan rasul yang mendapatkan shuhuf yang harus kita ketahui :
  1. Nabi Adam a.s. sebanyak 10 shuhuf.
  2. Nabi Idris a.s. sebanyak 30 shuhuf.
  3. Nabi Syits a.s. sebanyak 50 shuhuf.
  4. Nabi Ibrahim a.s. sebanyak 10 shuhuf.
  5. Nabi Musa a.s. sebanyak 10 shuhuf.
Demikianlah uraian singkat mengenai "Apa Perbedaan Kitab (Mushaf) dengan Shuhuf?"
Semoga berguna untuk kita tiruana,
Wabillahi taufik wal hidayah,

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Advertisement

Iklan Sidebar